Kamis, 26 Februari 2015

PT Sosro Semarang - Pengalaman Berkunjung Dan Melihat Proses Pembuatan Teh


PT Sosro Semarang - Mungkin teman-teman dirumah pernah minum teh botol sosro atau tebs. Tapi apakah teman-teman pernah berkunjung ke pabrik sosro dan melihat proses pembuatan teh botol sosro. itu adalah pengalaman saya saat berkunjung dalam rangka study tour yang di selenggarakan oleh sekolah saya di MAN GODEAN. oke saya akan menceritakan pengalaman saya saat berkunjung di pabrik teh botol sosro yang berada Cabang ungaran
PT Sosro Semarang


Kunjungan pertama study tour saya sebenarnaya adalah berkunjung ke Kampoeng Rawa yang berada di Ambarawa lokasinya tidak jauh dari Pabrik Teh Botol, Sosro. Saya tidak akan membahas lebih jauh dan bagaimana selanjutnya tentang kampoeng rawa karena tidak masuk dalam tema kali ini. Setelah puas main di kampoeng rawa. kami langsung melanjutkan perjalanan ke Pabrik.

Saat tiba di depan gerbang pabrik perasaan saya senang karena berharap bisa dapat teh gratis wkwkwk. Itu adalah salah satu rencana pribadi saya, yang sudah direncanakan dari jauh hari sebelumnya BOLEH DITIRU !. Namun Tujuan Utama saya dan teman-teman sebenarnya adalah Ilmu yang tidak ada bandinganya dengan satu truk teh botol sosro. Saat Rombongan Bus datang dan memasuki wilayah industri teh, yang terbayang di benak adalah suasana pabrik yang hijau penuh dengan tumbuhan dan rerumputan. setelah sampai di depan kantor teh kami langsung menuju ke muhola karena sudah masuk waktu sholat zuhur, kembali suasana alam banyak menghiasi mushola.

Setelah selesai sholat, kami di pandu oleh pemandu khusus dari PT sosro, Pemandu-nya Ramah dan Tentunya Cantik-cantik hehehe "selera lelaki". dan kami langsung diajak berfoto di areal pabrik teh. selesai sesi pemotretan kami langsung di ajak pemandu ke ruangan tidak terlalu besar saya lupa namanya dan di kasih teh botol sosro selagi mendengarkan sejarah teh dan awal mula berdirinya pabrik teh botol sosro.

PT Sosro SemarangSekilas sejarah berdirinya teh botol sosro, berawal dari keluarga sosrodjojo yang merintis produksi "teh cap botol" pada sekitar tahun 1940 di kota slawi, jawa timur. sosrodjojo ingin memperluas produksinya maka datanglah ia ke jakarta dan menawarkan teh-teh ke pelanggan, strategi yang dilakukan adalah CICIP RASA pada strategi ini gagal karena pelanggan kabur sebelum mencicipi teh, yang disebabkan kelamaan menunggu tehnya dingin. Tidak menyerah sosrodjojo kembali membuat strategi pengenalan, belajar dari pengalaman awal akhirnya

teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci besar untuk untuk di bawa ke pasar lagi dengan menggunakan mobil bak terbuka. lagi-lagi cara ini gagal teh tidak sampai ke pasar justru teh-nya tumpah di jalan akibat kondisi jalan yang buruk. Akhirnya mucul ide dengan memasukan teh kedalam botol, banyak yang menganggap ide ini membuang-buang waktu dan uang tapi tidak menyurutkan pak sosro untuk menjual hasil jerih payah kepada pelanggan, Ternyata dengan ide ini membuat pelanggan tertarik karena selain juga langsung bisa di minum tanpa menunggu teh nya dingin. untuk lebih jauh bisa mengunjungi situs resmi teh botol sosro disini




Proses Didalam Pabrik


Setelah mendengar penjelasan yang disampaikan pemandu, kami langsung diajak ke dalam pabrik. Di dalam pabrik kami dilarang untuk mempublikasikan gambar ataupun video entah kenapa saya tidak tahu karena itu mungkin sudah menjadi kebijakan perusahaan. saat masuk kedalam pabrik ternyata di dalam pabrik suhunya relatif sedikit panas, maklum disitu banyak mesin-mesin besar. dan lalu kami kembali lagi dijelaskan bagaimana proses produksi teh dalam botol kaca oleh pemandu yang ramah. kami dijelaskan tentang mulai dari sterilisai botol sampai penyortiran botol ke dalam truk dan di edarkan ke seluruh kota di jawa tengah, banyak karyawan yang bekerja di pabrik mereka bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing. 

Setelah selesai di dalam pabrik kami langsung di ajak ke ruangan terbuka untuk beristirahat dan kembali lagi minum teh botol sosro, kami boleh mengambil sesuka hati berapa botol, sekuat perut menahan asalkan tidak dibawa pulang, setelah menikmati waktu istirahat kami di beri souvenir yang lagi-lagi adalah 3 botol teh botol sosro, ya maklumlah pabrik minuman bukan pabrik semen.

Akhirnya selesai sudah kunjungan kami di pabrik teh botol sosro yang berada di ungaran, Semarang. kesan kami saat kesana senang selain dapat minuman gratis juga kita dapat ilmu, dan motivasi untuk terus belajar dan belajar untuk menjadi pengusaha yang sukses. Menjadi pengusaha dan mendirikan perusahaan memang tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak tantangan dan proses yang mungkin membuat kita putus asa dan kalah dari pertempuran melawan kegagalan.

Sekian dari artikel saya yang berjudul PT Sosro Semarang - Pengalaman Berkunjung Dan Melihat Proses Pembuatan Teh. semoga bisa diterima di pikiran teman-teman. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar